PROFIL P3M
 
 
Latar Belakang
  • Misi Kabupaten Sidoarjo : memberikan pelayanan kepada masyarakat secara professional
  • Tujuan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo : meningkatkan kualitas layanan masyarakat.
  • Adanya perintisan manajemen pelayanan berstandar ISO 9001 - 2000 di Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo.
  • Standar Internasional ( ISO 9001 - 9004 ) tentang pelayanan yang baik menyatakan bahwa untuk mengukur keberhasilan pelayanan Pemerintah kepada masyarakat adalah senantiasa mendengar keluhan-keluhan / pengaduan dari masyrakat (feedback from the customer)
  • Kebutuhan terhadap wadah komunikasi dua arah antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan masyarakat guna menghindari terjadinya kebuntuan informasi dan komunikasi
  • Masyarakat membutuhkan wadah yang tepat sebagai tempat mengadukan berbagai permasalahan yang timbul sekaligus memperoleh jawaban yang dibutuhkan
 
Tujuan
1. Terciptanya wadah Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat ( P3M ) yang terpadui, yang dapat menampung semua aspirasi dan keinginan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sidoarjo.
2. Merubah kultur birokrasi
 
Target
1. Tersedianya sarana komunikasi yang memadai antara Pemerintah dengan masyarakat, antar Dinas dan Instansi terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dengan dukungan Teknologi Informasi.
2. Sosialisasi fungsi dan peranan Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat ( P3M ) melalui Radio , media cetak dan elektronik serta penyuluhan ke 18 Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo dengan menghadirkan Stakeholders (LSM) di tingkat kecamatan
3. Penyebaran brosur , pamflet tentang keberadaan P3M kepada sekolah setingkat SLTA, Universitas, Pondok pesantren , serta Instansi Pemerintah yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat.
4. Pelatihan komputerisasi dan pengenalan perangkat lunak P3M bagi para Bako Humas, dan para operator di lingkungan Dinas , Badan, Kantor.
5. Sosialisasi teknis sistim prosedur P3M untuk Bako Humas, dan para operator di lingkungan Dinas , Badan, Kantor.
6. Expose transparansi permasalahan disertai solusi kepada masyarakat melalui Radio, buku dan internet yang sangat mudah diakses masyarakat luas.
   
Tolok Ukur Keberhasilan
1. Terpasangnya jalur komunikasi antar dinas/kantor dengan P3M yang berbasis Teknologi Informasi
2. Terbangunnya sistem yang berbasis Teknologi Informasi dalam ruangan P3M
3. Terciptanya Pusat Pengaduan Masyarakat yang terpadu
4. Meningkatnya koordinasi antar dinas, kantor dan instansi terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo
5. Meningkatnya manajemen pelayanan Pemerintah kepada masyarakat
6. Terciptanya tranparansi Pemerintahan
7. Meningkatnya kinerja aparat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.
8. Meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia dilingkungan Dinas Informasi dan Komunikasi, Dinas/ Kantor khususnya dibidang Teknologi Informasi.
9. Adanya standar sistem kualitas yang telah terdokumentasi secara baku.
   
Komponen P3M
  • Sumber Daya Manusia, terdiri dari :
    • Managemet, terdiri dari Manager dan Wakil Manager P3M, Kepala Sub Dinas di Lingkungan Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Sidoarjo
    • Operator. Petugas P3M yang berfungsi untuk menerima, mengolah dan mendistribusikan data pengaduan masyarakat ke semua dinas serta memberikan respon keluhan yang diperoleh dari instansi teknis kepada masyarakat
    • Bakohumas. Merupakan agen di setiap instansi yang betugas memberikan respon, baik berupa jawaban lisan/tertulis dan tindakan nyata atas permasalahan yang timbul
    • Administrator. Berperan dalam pengendalian sistem P3M secara keseluruhan agar P3M dapat tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Disamping itu juga berperan sebagai system backup guna menjaga keberlangsungan P3M. Fungsi ini dijalankan KPDE Kabupaten Sidoarjo selaku pengendali Teknologi Informasi di Kabupaten Sidoarjo.
  • Perangkat Keras Komputer, terdiri dari
    • Perangkat Komputer dan Jaringan Lokal di Sekretariat P3M
    • Perangkat Komputer dan Jaringan Lokal di setiap Dinas/Kantor/Badan
    • Perangkat Komputer dan Jaringan Lokal di KPDE dan Sekretariat Kabupaten Sidoarjo
    • Intranet yang menghubungkan Sekretariat P3M dan seluruh instansi
    • Komunikasi intranet dilakukan dengan mengkombinasikan media kabel dan saluran telepon
  • Perangkat Lunak. Perangkat lunak P3M diwujudkan dalam bentuk Sistem Informasi Berbasis Computer / Computer Based Information System (CBIS) yang bersifat semi tertutup. Sistem ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Sistem Informasi Manajemen Daerah Kabupaten Sidoarjo yang dibangun secara bertahap. Sistem ini dibagi menjadi beberapa aplikasi, antara lain :
    • Aplikasi induk yang berada di Sekretariat P3M. Aplikasi ini menjadi pusat Sistem Informasi P3M karena disinilah data pengaduan masyarakat direkam, diolah, didistribusikan dan dipublikasikan.
    • Aplikasi Agen P3M. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web ( Web Based Application ) yang digunakan oleh Bakohumas untuk memberikan respon atas keluhan masyarakat.
    • Pengaduan On Line. Aplikasi ini merupakan bagian dari situs www.sidoarjo.go.id, dan dapat diakses secara luas oleh masyarakat. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat menyampaikan keluhannya sekaligus melihat respon Pemerintah Daerah atas keluhan yang disampaikan
  • Perangkat Pendukung. Perangkat pendukung yang dimaksudkan disini adalah
    • Perda atau SK Bupati Sidoarjo yang melegalisikan keberadaan lembaga P3M
    • Dukungan dana
    • Ketersediaan peralatan dan mesin kantor
   
Media Pengaduan
Masyarakat dapat meyampaikan keluhannya melalui beberapa media, antara lain
  • Formulir Pengaduan, disediakan di Kantor Sekretariat P3M
  • Surat
  • Email
  • Telepon / Fax
  • Media Cetak (surat kabar, majalah, tabloid, dll)
  • Media Elektronik ( Radio dan Televisi )
  • Form pengaduan pada aplikasi pengaduan masyarakat pada situs www.sidoarjo.go.id
   
Media Respon
Sedangkan untuk melihat jawaban atas keluhan yang disampaikan, dapat dilihat di :
  • Papan pengumuman yang tersedia di Kantor Sekretariat P3M dan Kantor instansi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dan tempat lainnya
  • Media Cetak (surat kabar, majalah, tabloid)
  • Radio
  • Aplikasi pengaduan masyarakat di situs www.sidoarjokab.go.id
   
Mekanisme Pengaduan
Untuk mengetahui mekanisme pelayanan pengaduan masyarakat, silahkan klik disini.
   
 
Alamat Sekretariat P3M
Jl. Sultan Agung No. 17
Telepon 031-8957004
Fax 031-8957009
Sidoarjo
 

Program Aplikasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat
Dibangun dan dikembangkan oleh KPDE Kabupaten Sidoarjo
2003